Selasa, 21 April 2020

SEJARAH HARI BUMI



Setiap tanggal 22 April diperingati sebagai Hari Bumi Sedunia (Earth Day). Namun, tahukah kamu apa sebenarnya perayaan hari sedunia tersebut? Berikut ulasannya di bawah ini!
Tercatat menurut sejarah Hari Bumi Sedunia (Earth Day) ini pertama kali pada tahun 1970. Gagasan Hari Bumi Sedunia (Earth Day) pertama kali muncul pada awal tahun 1960, ketika sebagian elemen masyarakat di Amerika Serikat mulai menyadari pencemaran lingkungan yang semakin membahayakan bumi.
Dilansir dari Wikipedia, Hari Bumi Sedunia (Earth Day) dicanangkan oleh senator Amerika Serikat Gaylord Nelson yang juga sebagai seorang pengajar lingkungan hidup.
Tanggal 22 April dipilih karena bertepatan pada musim semi di Northern Hemisphere (belahan Bumi utara) dan musim gugur di belahan Bumi selatan.
Pencanangan hari bumi sendiri terinspirasi oleh banyaknya protes dan demonstrasi dari pelajar di Amerika Sertikat terkait kejadian perang di Vietnam. Ditambah lagi, Gaylord Nelson menyaksikan kasus tumpahan minyak di pesisir Santa Barbara, California pada tahun 1969.
Kasus tumpahan minyak ini seakan-akan menjadi katalis bagi Nelson untuk bertindak setelah sebelumnya sosok tersebut kerap kali menunjukkan kepeduliannya akan lingkungan. Tercatat sejak tahun 1960-an, Gaylord Nelson menaruh kepedulian dan berkampanye pada isu lingkungan hidup, yang dirasanya telah lama hilang dari agenda negara.
Nelson pun mereformasi beberapa hal di Wisconsin, seperti regulasi kebersihan jalur pengairan, perlindungan terhadap sumber daya alam, dan menciptakan lapangan pekerjaan ramah lingkungan. Atas berbagai usahanya ini, Nelson dijuluki sebagai Gubernur Konservasi.
Pada awal-awal Hari Bumi Sedunia (Earth Day) ini mulai digagas, Nelson masih memusatkan perhatian pada masalah-masalah lingkungan hidup yang mengusik kelestarian planet serta berimbas pada kesehatan manusia.
Melalui Hari Bumi Sedunia (Earth Day) ini, Nelson meminta para pendemo anti-perang yang ada untuk menyalurkan energinya juga dalam gerakan mengenai lingkungan hidup yang juga terkena banyak dampak akibat adanya peperangan.
Di peringatan pertamanya, kegiatan Hari Bumi Sedunia (Earth Day) pun diikuti oleh 20 juta warga Amerika Serikat, dan angka tersebut terus bertambah seiring berjalannya waktu. Saat ini hari bumi diperingati  bumi diperingati di lebih dari 175 negara dan dikoordinasi secara global oleh Jaringan Hari Bumi (Earth Day Network).

0 komentar: